Event Internasional Natuna Geopark Marathon 2024 Sukses Digelar

Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna telah menggelar event Natuna Geopark Marathon 2024 dengan lancar dan tergolong sukses, yaitu tepatnya pada tanggal 12 Mei 2024. Event marathon ini merupakan kali pertama digelar di Kabupaten Natuna. Mengusung konsep sport tourism yang menggabungkan unsur olahraga dengan wisata, dengan harapan peserta melakukan marathon sekaligus disuguhkan dengan keindahan alam Natuna.

Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Forkopimda Kabupaten Natuna melepas peserta Natuna Geopark Marathon sesuai kategorinya. Tepat jam 05.00 WIB peserta kategori Full Marathon dan Master dengan jumlah 11 orang peserta dilepas untuk pertama kali, dilanjutkan dengan kategori Half Marathon, 10 K, dan 5 K dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 840 orang. Pada sambutannya Bupati Natuna menyampaikan bahwa kegiatan Natuna Geopark Marathon 2024 ini merupakan salah satu upaya untuk menarik wisatawan lebih banyak untuk berkunjung ke Natuna. Ditambahkan oleh beliau, “tentunya kegiatan ini bisa memberikan efek ganda, yaitu sebagai ajang promosi pariwisata Natuna dan Geopark Natuna serta sekaligus sebagai ajang meningkatkan perekonomian pedagang kecil dan UMKM di Kabupaten Natuna. Antusiasme dari masyarakat dalam memeriahkan event ini cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang awalnya ditargetkan berjumlah 500 orang, menjadi 840 orang yang mendaftar. Bukan hanya itu, event ini juga diikuti oleh peserta dari luar daerah Natuna dan luar negeri. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata H. Hardinansyah tujuan diadakannya event Natuna Geopark Marathon 2024 ini adalah untuk memperkenalkan potensi pariwisata dan geopark Natuna lebih luas dengan memadukan unsur olahraga dan pariwisata atau sport tourism. Peserta yang turut bergabung dalam kegiatan ini pun tidak hanya masyarakat Natuna tetapi juga dari daerah lainnya seperti dari Bandung, Banjarmasin, Batam, Batang, Bengkulu, Blitar, Blora, Bojonegoro, Gresik, Jakarta, Jawa Timur, Kupang, Makassar, Manokwari, Ngawi, Padang, Pati, Pekalongan, Pekanbaru, Prabumulih, Simalungun, Subang, Sumba, Sumedang, Surabaya, Tanjung Buntung, Tegal, Tanjung Balai, dan Yogyakarta, serta dari luar negeri yaitu Inggris dan Malaysia.

Dalam pelaksanaannya para peserta mendapatkan race pack berupa jersey, bib number, finisher medal, dan khusus untuk kategori FM dan HM peserta juga mendapatkan finisher jersey. Menurut beberapa peserta yang mengikuti event ini selain mendapatkan race pack, mereka juga mendapatkan makanan, minuman, sunscreen, counterpain, tas, dan BPJS ketenagakerjaan. Mereka juga menyampaikan bahwa acara ini luar biasa, ajang marathon sebesar ini jarang diadakan di Natuna serta mereka berharap dengan diadakan acara ini pariwisata Natuna semakin dikenal, wisatawan lebih banyak datang dan pendapatan masyarakat lokal ikut bertambah. 

Turut hadir pada  event ini selebgram Inge Nugraha yang berperan sebagai influencer sekaligus peserta dari Jakarta mengajak para runner tingkat nasional untuk lebih ramai datang ke Natuna. Saat diminta tanggapannya: “Menurut aku Natuna Geopark Marathon ini kece banget, pengaturan jalan juga rapi dari pihak kepolisian setempat, jalanannya juga mulus nggak bumpy road, jadi nggak takut kecelakaan. Ditambahkannya lagi bahwa Pulau Natuna in a way hidden island, hidden gem, so come people.

Untuk menyemangati para peserta lomba turut hadir juga  Alastair Mac Donald yang merupakan salah satu runner asal Inggris dan juga ironman triathlon  mengikuti kategori 10 K. Menurutnya event Natuna Geopark Marathon 2024 teroganisir dengan baik dan dia sangat menikmatinya. “Very well organized, funtastic course,  the road is really smooth, very good for racing, very good for running. Since I’ve been here, I’ve taken so many pictures. I keep on looking the mountain and I want to climb the mountain.”

Terimakasih diucapkan kepada seluruh pendukung kegiatan ini yaitu panitia, Forkopimda, Event Organizer (EO), media, dan juga seluruh peserta serta semua yang mendukung lancarnya event Natuna Geopark Marathon 2024. Event ini terlaksana berkat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna dengan Natuna Dive Resort (NDR), Geopark Natuna, Lanud Raden Sadjad, RRI Natuna, dan SAR Natuna. Beberapa sponsor dan media partner seperti Batam TV, Natuna Bekawan, InvestSEA, Getfit, Rudi Project, Fitbar, Hydrococo, Nestle Pure Life, V-SOY, BRI, dan Sepertiga Malam juga ikut mendukung kelancaran dan kemeriahan kegiatan ini.

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *