Wakil Bupati Natuna: Festival Jelajah Pulau Setanau Kita Jadikan Sebagai Event Internasional

Pemerintah Desa Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga kembali menyelenggarakan Festival Jelajah Pulau Setanau. Festival ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 20 April 2024.

Festival Jelajah Pulau Setanau mempromosikan Pulau Setanau sebagai destinasi wisata di Natuna, juga ikut untuk mengenalkan salah satu situs Geosite di Natuna ini. Selain itu, dengan adanya festival ini diharapkan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kecamatan Pulau Tiga dan dapat meningkatkan perekonomian para pelaku usaha yang ada.

Festival Jelajah Pulau Setanau ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda. Wakil Bupati Natuna dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Desa dan masyarakat yang menjaga kebersihan Pulau Setanau sehingga pulau ini lebih bersih dari tahun sebelumnya. Pantai yang bersih akan membuat para mengunjung menjadi lebih nyaman. Ia berharap, event ini dapat berkembang dari event skala desa menjadi event skala internasional. “kita jangan hanya berpikir event desa hanya dikunjungi oleh warga desa atau warga lokal, tetapi bagaimana dikemas menjadi event internasional dengan atraksi-atraksi yang menarik untuk disaksikan dan kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara”, ucap Rodhial Huda.

Kepala Desa Sabang Mawang, Mansyur, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Natuna yang membuka Festival Jelajah Pulau Setanau dan kepada seluruh dinas serta pihak-pihak yang mendukung kegiatan festival ini. Dikesempatan ini, Ia mengatakan bahwa pemerintah desa akan secara perlahan mengembangkan pariwisata di Pulau Setanau, sehingga Masyarakat luas akan semakin mengenal Geosite Pulau Setanau.

“terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Pariwisata Natuna maupun intansi lainnya yang telah mendukung pelaksanaan event ini, dari persiapan hingga acara sedang berlangsung”, jelas Kepala Desa Sabang Mawang.

Festival Jelajah Pulau Setanau menggabungkan unsur tradisional dan modern yang dikemas dalam perlombaan yang diadakan pada saat festival. Hal ini menjadi salah bentuk upaya Pemerintah Desa Sabang Mawang untuk melestarikan budaya masyarakat di Natuna. Perlombaan yang digelar diantaranya lomba dayung sampan berpasangan, memancing, memahat miniatur kolek (perahu kecil), tending gasing, melukis Pulau Setanau, dan fashion show. Pada perlombaan fashion show yang bertema pantai, merupakan kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Natuna.

Pada Festival Jelajah Pulau Setanau, pengunjung juga tentunya dapat menikmati pemandangan Pulau Setanau yang menawan. Pantai berpasir putih dan laut biru yang jernih. Di sana, tersedia jajanan yang dijaja oleh pelaku usaha setempat dan photo booth menarik yang digunakan untuk mengabadikan momen selama berkunjung di Festival Pulau Setanau.

Informasi yang didapat dari pengelola, pada festival kali ini ada peningkatan jumlah pengunjung yaitu, sekitar 250 pengunjung dibanding pada hari-hari biasa yang berkisar 50 orang per bulannya. Pada festival ini juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat sekitar yang berjualan makanan dengan transaksi pada hari tersebut berkisar Rp600.000/warung.

Kadis Pariwisata Natuna H. Hardinansyah, SE, M.Si mengungkapkan harapan kedepan untuk kegiatan festival ini agar terus berlanjut, lebih meriah dengan banyak atraksi yang disajikan, sehingga jumlah pengunjung semakin meningkat, serta berdampak dalam peningkatan pendapatan masyarakat Desa Sabang Mawang pada khususnya dan masyarakat Kab. Natuna pada umumnya. “Festival Jelalah Pulau Setanau merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sabang Mawang kami siap mendukung agar acara berjalan dengan baik dan mempromosikan dari jauh hari agar wisatawan menyaksikan dan mengunjungi Pulau Setanau”, pungkas Kepala Dinas Pariwisata Natuna.

 

Festival ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Natuna, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Pariwisata Natuna, Sekretaris Dispora Natuna, dan Direktur RSUD Natuna. Di akhiri dengan pembagian hadiah kepada sang pemenang dan foto bersama. (ITN)

Share This :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *